Penjualan Game Menurun Tajam

16/06/2009 14:21

LOS ANGELES - Meski pasaran game terus menggeliat dengan beragam inovasi, namun nyatanya industri ini pun tak mampu menghindar dari dampak resesi ekonomi.

Pasar penjualan game pun turut terkena imbasnya. Konsumen mengatakan fase ini ibarat fase menuju "game over" dalam sebuah permainan game.

Penjualan game menurun tajam sebesar 30 persen dalam tahun terakhir ini, artinya terjadi penurunan cukup tajam sebesar 17 persen. Demikian keterangan yang dikutip dari TG Daily, Senin (15/6/2009).

Berdasarkan laporan dari analis pasar NPD Group, bulan Mei merupakan pertamakalinya industri game mengalami kerugian hingga USD1 miliar sejak terjadi penurunan yang dimulai pada Agustus 2007.

Kerugian ini dikabarkan membuat industri game hanya mampu menangguk keuntungan sebesar USD863,3 juta, menurun sebesar 23 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Nintendo Wii adalah salah satu produk game yang tidak terlalu memperlihatkan dampak terkena krisis, hal ini kemungkinan besar karena pihak Nintendo masih menjualnya dengan harga asli sebesar USD250 per unit. Xbox 360 mengalami penurunan sebesar lima persen sementara Sony dengan penjualan PS3nya anjlok sebesar 37 persen.

Para analis menilai penurunan penjualan game ini sedikit mengejutkan, namun NPD memperkirakan sektor ini akan segera pulih seiring dengan perbaikan keadaan ekonomi. (srn)

(sumber : techno.okezone.com)